Beranda » Uncategorized » Suara Merdeka : Teknologi Ozon Bantu Petani Hortikultura Atur Masa Panen

Suara Merdeka : Teknologi Ozon Bantu Petani Hortikultura Atur Masa Panen

T Diposting oleh pada 13 April 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 444 kali

MAGELANG, suaramerdeka.com-

Petani Dusun Kenteng Sumberejo, Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang yang bertani komoditas hortikultura organik sangat terbantu dengan adanya bantuan alat ozon untuk mengawetkan hasil pertanian dari Bank Indonesia Jawa Tengah.

Teknologi ozon ini, petani bisa mengelola pasca panen secara modern dimana sebelumnya melakukan panen setiap hari, sekarang bisa panen seminggu satu atau dua hari sehingga diharapkan dengan teknologi ini nilai tukar petani akan meningkat.

Eka Manunggal ketua kelompok tani Mutiara Organik Dusun Kenteng Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang mengatakan dengan teknologi ozon komoditas hortikultura seperti cabai, brokoli, sawi, selada, wortel, tomat dan lobak bisa tahan satu minggu sampai satu bulan.

“dulu petani setiap hari panen dan langsung menjualnya agar tidak busuk, tetapi dengan ozon ini petani bisa mengatur panen dan tidak cepat busuk sehingga bisa melihat kebutuhan pasar kedepan dan lebih efisien,” katanya, Rabu (13/12).

Eka menjelaskan cara kerja ozon adalah setelah melakukan panen, komoditas hortikultura dicuci menggunakan air bersih. Alat ozon sendiri dihidupkan dua jam sebelumnya di air. Setelah itu komoditas hortikultura dimasukkan kedalam air yang sudah dialiri ozon selama 15 menit dan diitiriskan.

Setelah di ozon, tanaman hortikultura bisa langsung dipacking sedangkan sisanya bisa disimpan di Cold Storage yang juga dialiri ozon dengan suhu 8-12 derajat. Pasar sayuran organik menggunakan teknologi ozon ini tersebar di supermarket.

Walaupun unggul dalam pasca panen setelah menggunakan teknologi ozon namun yang menjadi persoalan belum banyaknya pasar yang melirik produksi organik menggunakan ozon.

“banyak yang belum melirik sayuran organik menggunakan ozon mereka masih tertarik dengan yang konvensional karena sayuran organik menggunakan ozon juga harganya lebih tinggi dari yang biasa,” ucapnya.

Untuk mengubah pola petani beralih dari konvensional ke organik menggunakan ozon memang perlu perjuangan setidaknya ada dua kelompok tani dengan total 20 petani.

Di Dusun Kentang Sumberejo sejak 2012 diberlakukan peraturan, tahun pertama petani menggunakan kimia 75 persen organik 25 persen, tahun kedua 50 persen kimia dan organik, tahun ketiga 75 persen organik, 25 persen kimia dan tahun keempat total menggunakan organik yang terintegrasi dengan sapi perah untuk pupuk organiknya.

(Cun Cahya /SMNetwork /CN19 )

Sumber :

http://www.suaramerdeka.com/news/detail/9657/Teknologi-Ozon-Bantu-Petani-Hortikultura-Atur-Masa-Panen#

Belum ada Komentar untuk Suara Merdeka : Teknologi Ozon Bantu Petani Hortikultura Atur Masa Panen

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Suara Merdeka : Teknologi Ozon Bantu Petani Hortikultura Atur Masa Panen

Klaster Sapi Perah Dan Teknologi Penyimpanan Holtikultura Ngablak Dikunjungi 120 Akademisi

T 12 April 2018 F A Ozone

Kunjungan dari Akademisi Perguruan Tinggi se-Indonesia khususnya bidang Ekonomika dan Bisnis yang diadakan oleh Bank Indonesia Jawa Tengah meninjau beberapa bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) dalam mendukung ketahanan pangan di daerah khususnya kepada Gapoktan di Klaster Sapi Perah Terintegrasi... Selengkapnya

GENERATOR OZON DEDIKASI BANK INDONESIA SULBAR UNTUK PETANI BAWANG

T 24 November 2017 F A Ozone

Majene, Metode pengembangan resiliensi dengan ozonisasi komoditas bawang merah dalam rangka peningkatan umur jual bawang merah dan penyimpanan bibit bawang merah pada petani bawang kabupaten Majene Sulawesi Barat terlaksana dengan diserahkannya 2 unit generator Ozon keluaran 150 gram/ jam.Serah terima... Selengkapnya

Peralatan Pascapanen Ini Diyakini Bisa Perpanjang Waktu Simpan Produk Hortikultura

T 10 November 2018 F A Ozone

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Lita Febriani TRIBUNJATENG.COM, PATI – Semakin majunya dunia pertanian membuat para pelakunya harus melakukan inovasi. Bupati Haryanto menghadiri serah terima dan bimbingan teknis generator ozon (D’ozone) inovasi perguruan tinggi dengan tema industri berbasis teknologi plasma untuk pangan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kami.

Office:

Jl. Prof. Sudarto. Kompleks Pertokoan SPBU UNDIP, Lantai 2 No. 14 Tembalang, Semarang,
Kode Pos. 50275
D-Ozone.com  024-76402812
D-Ozone.com  0822.5424.1709
D-Ozone.com  info@d-ozone.com

Flag Counter

Tentang D’Ozone

D-Ozone.com

Mesin D’OZONE menggunakan TEKNOLOGI PLASMA ramah lingkungan berfungsi untuk memperpanjang masa simpan sayur dan buah menjadi lebih tahan lama. Meminimalisir pertumbuhan bakteri, virus dan jamur penyebab pembusukan pada sayur maupun buah, serta mengurangi pestisida yang menempel pada sayur dan buah.